Cara Memasang Kabel Tray-Ladder

Kabel tray atau ladder adalah tempat dudukan kabel instalasi listrik yang dipasang pada bangunan gedung sehingga tertata rapi dan mudah dalam pemeliharaan dan perbaikan, gambar ladder ini dapat dilihat dibawah seperti sebuah rak rell dengan sekumpulan kabel tertata rapi. bahan yang digunakan bisa terbuat dari alumunimum, besi , baja dan material lainya. cara pemasangan kabel tray atau ladder adalah sebagai berikut:

Pembuatan shop drawing penempatan jalur kabel dengan mempertimbangkan bagian komponen bangunan lainya seperti titik lampu,instalasi pipa dll, agar tidak berbenturan satu sama lain maka dapat dibuat gambar instalasi secara keseluruhan yang biasa disebut juga dengan shop drawing komposit.

  • Marking jalur tray atau ladder sesuai shop drawing
  • Tandai lokasi pengeboran untuk gantungan
  • Bor lokasi gantungan atau support
  • Pasang gantungan atau support ladder
  • Pasang kabel ladder
  • Pada setiap sambungan pasang penghubung grounding

Agar dapat bertahan lama maka kabel tray dapat di zincromate atau finish cat untuk mencegah karat.
Pemasangan pada plafond memerlukan perkuatan penggantung yang dipasang dengan baik agar tidak mengalami keruntuhan, penggantung dipasang pada jarak yang cukup sehingga dapat berfungsi baik namun tidak terlalu rapat karena dapat menyebabkan pemborosan material serta meningkatkan beban bangunan yang harus ditanggung oleh struktur lantai dan balok gedung sehingga menjadi penyebab keruntuhan

Pemasangan pada dinding perlu dibuatkan ruangan khusus mekanikal elektrikal sehingga tidak mengganggu keindahan arsitektur bangunan. jika terpaksa berada pada ruangan yang membutuhkan kerapian maka bisa dibungkus dengan dinding gypsum atau batu bata sehingga terlihat bersih dan rapi.

Pada bangunan rumah tinggal dapat menggunakan pipa pvc sebagai jalur kabel jika instalasi listrik yang dipasang tidak terlalu rumit, pipa kabel juga berfungsi untuk memelihara keawetan kabel agar tidak rusak karena berbagai hal seperti digigit tikus atau tergores karena aktifitas pelaksanaan bagian konstruksi lainya. hal ini dapat mencegah terjadinya bahaya kebakaran akibat konsleting arus pendek listrik, meskipun terlihat sederhana namun sebaiknya dipasang oleh ahli dibidangnya seperti tukang listrik atau kontraktor mekanikal elktrikal untuk pemasangan kabel tray dalam jumlah besar.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Cara Memasang Kabel Tray-Ladder

Posted by lazymazei, Published at 11.42.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar